Tarif Transjakarta tidak Naik Walau Anggaran Subsidi Menyusut Untuk Hibah ke TNI-Polri

Tarif Transjakarta tidak Naik Walau Anggaran Subsidi Menyusut Untuk Hibah ke TNI-Polri

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatakan tarif Transjakarta tidak naik walau peruntukan anggaran subsidi dikurangkan untuk hibah untuk TNI-Polri. Tarif bis Transjakarta masih tetap Rp3.500 dan Mikrotrans Rp0 atau cuma-cuma.

“Saya berikan jika dalam ulasan PSO (Public Service Obligation) tidak ada yang mengulas peningkatan tarif, biayanya masih tetap Rp 3.500,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat diverifikasi.

Berdasar hasil pertemuan dengan komisi DPRD DKI, kata Syafrin, subsidi untuk tarif bis Transjakarta disetujui Rp3,9 triliun “Maka tidak ada pemangkasan untuk PSO, untuk hibah . Maka tidak,” katanya.

Menurutnya, jika anggaran subsidi lebih kecil, tarif Transjakarta dan Mikrotrans tidak alami peningkatan. “Ingin (anggaran subsidi) Rp3,9 triliun, Rp3,5 triliun, berapa saja tidak ada peningkatan tarif. Tarif TJ masih tetap Rp 3.500, untuk mikrotrans gratis, 0 rupiah,” kata Syafrin Liputo.

Awalnya, Komisi B Bidang Perekonomian DPRD mengulas RAPBD 2023 bersama Dinas Perhubungan. Dalam peluang itu Syafrin sampaikan ada tujuh permintaan hibah baru sejumlah Rp 409 miliar.

Menurutnya, cuma ada satu berbelanja hibah yang telah masuk RKPD, yakni peningkatan tilang elektronik alias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sebesar Rp 75,47 miliar. Direktorat Lalu Lintasi Polda Metro Jaya yang memintakan anggaran itu.

Dengan demikian, keseluruhan ada delapan saran berbelanja hibah Dishub DKI sebesar Rp 485,4 miliar. Dishub DKI harus turunkan peruntukan anggaran subsidi ticket atau public service obligation (PSO) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) supaya permintaan hibah Forkopimda dapat difasilitasi.

Anggaran PSO Transjakarta yang sebelumnya diusulkan Rp4,24 triliun menurun jadi Rp 3,5 triliun. “Salah satunya argumen PSO di turunkan, karena ada proposal (hibah) ini,” jelas Syafrin.

See also  Disuruh Tanggung Jawab Masalah Gagal Ginjal Akut pada Anak, Ini Jawaban Kepala BPOM

 

Check Also

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra Beberapa instansi survei nasional mengatakan kepopuleran capres (calon …