Tanggapi Gempa Cianjur, Pimpinan DPR Meminta Komisi Tehnis Ulas Skema Mitigasi Bencana

Tanggapi Gempa Cianjur, Pimpinan DPR Meminta Komisi Tehnis Ulas Skema Mitigasi Bencana

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, akan minta komisi tehnis untuk duduk bersama pemerintah mengulas skema mitigasi bencana. Pengakuan ini susul gempa Cianjur memiliki kekuatan 5,6 M yang terjadi pada Senin, 21 November 2022.

Adapun komisi tehnis yang berpartner dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB ialah Komisi VIII. Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penelusuran dan Bantuan (Basarnas) berpartner dengan Komisi V.

Selainnya membahas skema mitigasi bencana, Dasco menjelaskan komisi tehnis bersama pemerintah sebaiknya mengulas alat diagnosis gempa.

“Kita akan meminta ke komisi tehnis berkaitan untuk duduk bersama dengan pihak pemerintah, untuk kemungkinan membuat skema mitigasi atau alat diagnosis yang dapat semakin awal mengingatkan supaya peristiwa semacam ini tidak kembali terulang lagi,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Dasco mengatakan ikut bersedih pada korban gempa dan keluarganya. Menurutnya, gempa sebagai bencana yang tidak bisa diprediksikan.

Politisi Partai Gerindra ini ikut menghimbau ke BNPB, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Pemerintah Daerah Jawa Barat dan Cianjur, dan kepolisian untuk bersatu membantu korban gempa.

“Selainnya pernyataan sedih, saya menghimbau ke pihak berkaitan untuk membantu korban yang beberapa luka, trauma pascabencana, atau yang kehilangan rumah,” katanya.

Sebelumya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, menjelaskan gempa ini disebabkan perubahan sesar Cimandiri. Dia menyangka gempa muncul karena patahan geser dengan kedalaman pusat gempa sekitaran 10 km.

 

See also  Gibran dan Yenny Wahid Ada sebagai Figure Calon wakil presiden dalam Musra Hong Kong

Check Also

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra Beberapa instansi survei nasional mengatakan kepopuleran capres (calon …