Soroti masalah Keamanan, TGIPF Dorong Setiap Club Bola Punyai Stadion Sendiri

Soroti masalah Keamanan, TGIPF Dorong Setiap Club Bola Punyai Stadion Sendiri

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) mereferensikan tiap club sepakbola mempunyai stadion individu untuk bertanding. Ini disebutkan oleh anggota TGIPF Rhenald Kasali.
“Ini kali club, club semestinya memiliki lapangan sepakbola sendiri, diatur. Iya kami mereferensikan tiap club misalkan (punyai stadion sendiri) demikian,” tutur Rhenald di Kantor Kemenpolhukam, Jakarta Pusat.

Ini karena mereka belum mempunyai stadion sepakbola sendiri. Sampai sekarang ini tiap club sepakbola di Indonesia berlaga memakai stadion punya Pemda.

“Tetapi saat ini memakai stadion kepunyaannya pemda yang stadionnya itu multi-fungsi dan keamanannya ini kurang cukup baik, beberapa stadion kurang cukup baik,” sebut Rhenald.

Rhenald menjelaskan interior stadion-stadion yang ada sekarang ini dibuat seperti pada tahun 1920. Pada waktu itu, persepakbolaan Indonesia mempunyai semangat kedaerahan.

“Jadi Bandung itu namanya Persib, Jakarta Persija, semua kedaerahan, jadi semangatnya kedaerahan. Yang bangun siapa? Yang bangun ialah Pemda. Dananya siapa? Pemda,” kata Rhenald.

Dijumpai, Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan mengagendakan panggilan pada PSSI. Mereka akan diminta verifikasi berkaitan peristiwa maut itu.

“PSSI akan kita panggil esok dan beberapa pihak yang berkaitan sama ini semua ya. Kita akan verifikasi,” kata Anggota TGIPF, Rhenald Kasali di kantor Kemenpolhukam, Jakarta Pusat.

Disamping itu, TGIPF akan panggil PT Liga Indonesia (LIB). Pihak yang lain akan dicheck, terutamanya yang atur laga Arema FC versus Persebaya diadakan saat malam hari.

“Ya kita akan panggil semua. PT LIB akan tiba, akan kita meminta verifikasi. Masih dipelajari. Akan diundang beberapa pihak sekian hari ini,” katanya.

 

See also  Korban Wafat Gempa Cianjur Semakin bertambah Jadi 310 Orang

Check Also

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra Beberapa instansi survei nasional mengatakan kepopuleran capres (calon …