Pidato di Munas HIPMI, Jokowi: Tidak boleh Diplomatisasi Agama untuk 2024

Pidato di Munas HIPMI, Jokowi: Tidak boleh Diplomatisasi Agama untuk 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi minta calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan berkompetisi di Pemilu 2024 untuk jaga situasi politik tidaklah sampai menghangat. Satu diantaranya, Jokowi minta supaya tidak ada satu juga yang mempolitisasi agama untuk kebutuhan pemilu.

“Polisasi agama, tidak boleh! kita telah rasakan dan itu terikut lama,” kata Jokowi pada acara Permufakatan Nasional Himpunan Pebisnis Muda Indonesia atau Munas HIPMI di Solo, Jawa tengah.

Tidak cuma diplomatisasi agama, Jokowi minta calon presiden dan calon wakil presiden untuk menghindar politik SARA sampai politik jati diri. “Tidak boleh, benar-benar beresiko untuk negara sebesar Indonesia yang paling bermacam,” tutur mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Kebalikannya, Jokowi menghimbau supaya yang ada ialah politik ide. “Diskusi silakan, diskusi ide, diskusi gagasan, bawa negara ini lebih bagus, silakan, tetapi janganlah sampai panas,” katanya.

Ajakan ini dikatakan Jokowi memberi respon keadaan global sekarang ini yang tidak normal. Dia kembali mengulang pengakuannya yang beberapa kali sudah dikatakan, jika sekarang ini telah ada 14 negara sebagai pasien dari International Monetary Fund atau IMF.

Jumlah ini, katanya, semakin banyak dari periode krisis keuangan 1997-1998 yang cuma ada 5 negara. Di luar 14 negara, Jokowi menyebutkan masih ada 28 negara yang berbaris menjadi pasien IMF. Banyaknya juga diprediksikan capai 66 negara.

Permasalahannya, tidak seluruhnya negara ini dapat memperoleh kontribusi dari IMF. “Tidak kemungkinan, karena kebatasan dari IMF, Bank Dunai, punyai kebatasan itu,” katanya.

Dengan keadaan yang dikatakannya rawan berikut, Jokowi minta supaya capres cawapres masih tetap jaga situasi politik Indonesia. “Kita harus semua jaga supaya kondusivitas, keadaan politik itu masih tetap dingin jika dapat, jika tidak dapat paling banter ya anget, tetapi tidak boleh panas,” katanya.

See also  Jokowi Titip ke CEO Asing: Yang Besar Harus Memperbesar Pebisnis Kecil

 

Check Also

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra Beberapa instansi survei nasional mengatakan kepopuleran capres (calon …