Luhut: RI Dapat Jaga Ekonomi Saat ini Ini, Tidak Terlepas dari Kerja Sama dengan Cina

Luhut: RI Dapat Jaga Ekonomi Saat ini Ini, Tidak Terlepas dari Kerja Sama dengan Cina

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengutarakan jika ada peran China dalam ekonomi Indonesia yang dipandang bisa bertahan secara baik di tengah-tengah pergolakan ekonomi global.

“Dunia saat ini hadapi rintangan yang luar biasa, saya pengin menyampaikan Indonesia terhitung negara yang dapat menjaga ekonominya saat ini. Itu sebetulnya tidak terlepas dari kerja-sama yang demikian luar biasa di antara Tiongkok dengan Indonesia,” ucapnya dalam Peluncuran Laporan Kegiatan Tanggung Jawab Sosial (Corporate Social Responsibility/CSR) Beberapa perusahaan Tiongkok di Indonesia di Jakarta.

Terutamanya dalam delapan tahun akhir, Luhut menyebutkan ada beberapa perkembangan atas kerja-sama yang bernilai di antara Cina dan Indonesia.

Dia menyebutkan semenjak Presiden Xi Jinping memprakarsai Belt and Road Initiative atau Jalur Sutera dan Jalur Maritim Abad ke-21 pada 2013, hal tersebut ikut memberikan dukungan misi strategis Indonesia menjadi poros maritim dunia.

“Dalam tahun-tahun ini semakin berkembang, dapat disaksikan dari perkembangan beberapa sektor krisis dan semuanya sama-sama memberikan keuntungan. Saya ulang, sama-sama memberikan keuntungan. Saya saksikan Tiongkok memberi tehnologi terbaik ia, dan Tiongkok memberi transfer tehnologi, membangun politeknik di beberapa industri,” ucapnya.

Secara angka, minus perdagangan di antara Indonesia dengan Cina juga semakin menurun dari 17 miliar dolar AS pada 2019 jadi cuma 2,5 miliar dolar AS pada 2021. Defisit neraca perdagangan ke-2 negara, lanjut Luhut, diprediksikan sekitaran 500 juta dolar AS atau mungkin kurang di tahun ini.

“Jadi jika orang ucapkan kita didikte China, benar-benar tidak betul. Ditambah dengan beberapa angka ini . Maka yang ingin saya berikan, apa saja wujud kerja-sama Tiongkok di Indonesia itu kita kerjakan benar kerja-sama yang sama-sama memberikan keuntungan,” ucapnya.

See also  RI Laris Manis, Jokowi Maraton Berjumpa Pimpinan Negara G20

Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk RI Lu Kang menyebutkan kerja-sama ekonomi di antara ke-2 makin kuat. Dia percaya diri beberapa perusahaan Tiongkok dapat turut tingkatkan tingkat industri Indonesia dan merealisasikan misi Indonesia Emas.

“Investasi Tiongkok telah mengakar kuat, seperti pohon besar yang hasilkan buah berlimpah. Ini tidak terlepas dari perhatian pemerintah dan kepedulian warga Indonesia,” kata Duta besar Lu Kang.

 

Check Also

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra Beberapa instansi survei nasional mengatakan kepopuleran capres (calon …