Komnas HAM Mencari Bakul Dawet Misterius Stadion Kanjuruhan: Tidak Bertemu

Komnas HAM Mencari Bakul Dawet Misterius Stadion Kanjuruhan: Tidak Bertemu

Mistis bakul dawet di Stadion Kanjuruhan masih bersambung. Rupanya Komnas HAM ikut juga cari kehadiran penjual dawet itu.
“Kami cari dan tidak bertemu,” kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam.

Narasi masalah penjual dawet itu viral di sosial media sekitaran 2 hari sesudah tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022. Kejadian sesudah laga sepakbola Arema FC vs Persebaya itu tewaskan 131 orang sesudah gas air mata ditembakkan.

“Dan rekan-rekan Arema menerangkan tidak pernah menyaksikan penjual dawet itu,” kata Anam.

Melalui rekaman audio viral di Twitter berisi suara (yang akui) penjual dawet itu, tersebarlah cerita jika beberapa supporter gaduh dan mabok alkohol, serang polisi, dan jadi korban.

Ia menggerakkan kepolisian untuk mencari keberadaan penjual dawet di Stadion Kanjuruhan itu. “Berkaitan penjual dawet, memang seharusnya dijelajahi oleh kepolisian, berkaitan siapa orangnya dan lain-lain,” kata Anam.

Ia mengharap polisi dapat menjernihkan cerita viral dari penjual dawet yang misterius itu. Awalnya, Kepala Seksi Humas Polri Irjen, Dedi Prastyo, menerangkan polisi sedang mempelajari info masalah penjual dawet itu.

“Ya, sedang dirasakan oleh team sidik,” kata Dedi.

Dedi menyebutkan pihaknya menginvestigasi kejadian ini dengan memeriksa rekaman CCTV di pintu 3 yang disebut dalam rekaman suara viral itu. CCTV itu akan dianalisa oleh Team Labfor Polri dan penyidik.

“Pintu 3 terhitung CCTV-nya yang dianalisa oleh team Labfor, Inafis, dan penyidik,” ucapnya.

Dedi lalu sampaikan diketemukan beberapa puluh botol minuman yang diperhitungkan berisi minuman keras (miras) berdasar hasil penyisiran di area Stadion Kanjuruhan. Sementara di tempat tribun, sambungnya, diketemukan botol-botol sisa minuman. Penemuan itu sekarang dibawa ke Laboratorium Forensik (Labfor).

See also  145 Mayat Korban Gempa Cianjur Sukses Dideteksi

Check Also

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra Beberapa instansi survei nasional mengatakan kepopuleran capres (calon …