KLHK Sebutkan Pencemaran Udara Jakarta Turun, Kendaraan Buruk Baku Mutu Emisi Terkena Tambahan Pajak

KLHK Sebutkan Pencemaran Udara Jakarta Turun, Kendaraan Buruk Baku Mutu Emisi Terkena Tambahan Pajak

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK mengatakan kendaraan motor yang melewati baku mutu emisi dikenai tambahan pajak pencemaran lingkungan.

“Sekarang ini sedang kami kalkulasi (besaran) angkanya berapakah,” kata Direktur Pengaturan Pencemaran Udara Kementerian LHK Luckmi Purwandari dalam dialog publik di Jakarta.

Dia menerangkan sekarang ini pihaknya sedang menggodok peraturan berkaitan pengenaan pajak tambahan pencemaran lingkungan untuk kendaraan motor yang melewati baku mutu saat dilaksanakan tes emisi.

Gagasannya, pengenaan pajak tambahan itu berlaku sesudah peraturan itu selesai. Menurutnya, sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 20 tahun 2017, kendaraan motor beroda 4 yang baru dibuat harus penuhi standard emisi Euro 4.

Polusi udara turun

Karena itu, pemerintah mempererat baku mutu emisi untuk kendaraan yang telah bekerja lama. Dengan demikian, usaha tekan pencemaran udara dilaksanakan beragam langkah salah satunya bukan hanya lewat peningkatan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi untuk mengubah pemakai kendaraan individu ke transportasi umum.

Dalam pada itu, sesudah ada peraturan peningkatan harga BBM bersubsidi, dia menulis terjadi pengurangan pencemaran udara.

Pengurangan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) atau pencemaran udara, lanjut ia, didapat berdasar pengukur di lima stasiun punya Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dan Kementerian LHK.

Walau demikian, pihaknya belum memaparkan besaran prosentase pembaruan kualitas udara sesudah ada peningkatan harga BBM bersubsidi. “Kami telah persiapkan datanya, jadi trendingnya (pencemaran udara) turun, hanya kami belum hitung berapakah % pengurangannya, tetapi terlihat trendingnya lebih baik kualitas udaranya,” katanya.

 

See also  Pengamat Nilai Ada 3 Dampak Absennya Jokowi di HUT NasDem

Check Also

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra Beberapa instansi survei nasional mengatakan kepopuleran capres (calon …