Kaji Bantuan Hindari Gelombang PHK, Sri Mulyani Mengajak BI, OJK sampai Kemnaker Berembug

Kaji Bantuan Hindari Gelombang PHK, Sri Mulyani Mengajak BI, OJK sampai Kemnaker Berembug

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan menimbang pemberian bantuan untuk menangani badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang menerpa Tanah Air sekarang ini.

“Kami akan menyaksikan instrument yang mana dapat ditolong dan siapa yang perlu ditolong, apa korporasi-nya atau buruh-nya,” ungkapkan Sri Mulyani dalam Konferensi Jurnalis: APBN KITA November 2022 yang diawasi secara online di Jakarta.

Walau begitu, untuk membikin bauran peraturan dalam menangani badai PHK itu, dia akui akan membahas lebih dulu dengan beragam faksi, yakni Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Bila memang kelak buruh yang terserang atau terancam PHK yang dikasih bantuan, akan diperhitungkan apa bantuan datang dari Kemenaker atau BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara bila korporasi yang dikasih bantuan, akan diperhitungkan apa akan balik diberi penangguhan atau pengurangan pembayaran pajak penghasilan (PPh) 25.

Sri Mulyani menerangkan peristiwa badai PHK diantaranya muncul karena pengaturan permintaan ekspor, khususnya tekstil dan produk tekstil dan alas kaki, dari beberapa negara maju dengan peningkatan suku bunga referensi yang agresif.

“Kami saksikan ini efeknya pada ekspor tidak cuma di Indonesia, tapi di Vietnam dan Bangladesh,” katanya.

Dia menjelaskan ada penekanan pada ekspor tekstil dan produk tekstil di sejumlah korporasi di bulan Oktober 2022, dan ekspor alas kaki masih lumayan baik.

Oleh karena itu, semua data korporasi itu terus akan diawasi, dimulai dari trend impor bahan bakunya, ekspor, sampai pembayaran pajak untuk PPh, pajak pertambahan nilai (PPN), dan restitusi.

See also  Sesudah PHK 1.300 Karyawan, GoTo Akan Divestasi Saham

 

 

Check Also

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra Beberapa instansi survei nasional mengatakan kepopuleran capres (calon …