Jokowi Titip ke CEO Asing: Yang Besar Harus Memperbesar Pebisnis Kecil

Jokowi Titip ke CEO Asing: Yang Besar Harus Memperbesar Pebisnis Kecil

Presiden Joko Widodo alias Jokowi memberi pesan ke beberapa CEO beberapa perusahaan multinasional untuk mengikutsertakan usaha micro, kecil, menengah dalam tiap investasinya. Ia ingin UMKM naik kelas bisa lebih cepat.

“Saya titip yang besar supaya bawa yang kecil. Yang besar ingin memperbesar pebisnis usaha micro supaya mereka tidak ketinggalan,” tutur Jokowi dalam tatap muka B20 Summit di BNDCC, Nusa Dua, Bali.

Jokowi mengutamakan, dalam tiga tahun akhir, Indonesia tengah menggerakkan UMKM untuk onboarding atau go digital dengan manfaatkan platform-patform teknologi yang berkembang. UMKM ialah tulang punggung ekonomi yang menyumbangkan 60 % pada PDB Indonesia.

Dengan digitalisasi, UMKM lebih tertolong meluaskan kesempatan pasar baru hingga mudah naik kelas. Ia menyebutkan hingga kini, 19 juta UMKM sudah tergabung ke platform-platform digital dan pasarkan produknya di situ. Angka itu sama dengan sepertiga keseluruhan UMKM yang berada di Indonesia yang sekarang ini sejumlah 64 juta.

“Pada 2024 kita harap telah capai di atas 30 juta . Maka maknanya yang kecil-kecil tidak boleh ditinggalkan,” kata Jokowi.

Selainnya memercayakan pesan ke petinggi perusahaan dunia yang datang dalam B20 Summit, ia sampaikan hal seirama ke India. India ialah pemegang Presidensi B20 selanjutnya.

“Saya titip ke India, supaya yang beberapa usaha kecil micro dibawa kembali dilanjutkan dan paling akhir selamat bekerja untuk presidensi B20 India tahun depannya.”

 

See also  PDI-P Meminta Jokowi Meninggalkan Sukarelawan, Ketua Dewan Musra: Tidak Kemungkinan

Check Also

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra Beberapa instansi survei nasional mengatakan kepopuleran capres (calon …