DPR Apresiasi Cara Cepat Polri Menangani Gempa Cianjur

DPR Apresiasi Cara Cepat Polri Menangani Gempa Cianjur

Anggota Komisi III DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal, mengapresiasi cara Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo langsung mengintruksikan seribu personel masuk ke lokasi gempa bumi Magnitudo 5,6 di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Menurut Cucun, cara itu bisa cepat mengembalikan keadaan beberapa warga yang trauma karena bencana alam itu.

“Cara Polri yang dipegang Pak Sigit dengan memerintah Pak Kapolda Jawa barat (Irjen Suntana) telah tepat. Ini kemanusiaan dan perangkat lengkap yang dipunyai Polri dapat dengan cepat memberi layanan ke warga baik dari segi personel SDM atau fasilitas alat,” tutur Cucun dalam penjelasannya.

Politisi PKB itu mengharap dengan cara cepat yang sudah dilakukan Polri bisa gerakkan penopang kebutuhan yang lain untuk jalani visi kemanusiaan itu.

“Kita apresiasi Pak Kapolri cepat dan cepat lakukan beberapa langkah hadirnya di tengah-tengah warga benar-benar untuk kemanusiaan dan tidak cuma Polri, semua lembaga pemerintah, parpol, sukarelawan semua terjamah hadapi bencana besar ini,” katanya.

Kerahkan Seribu Personel
Awalnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kerahkan seribu personel kepolisian buat percepat proses penyelamatan korban gempa Cianjur yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 kemarin.

Listyo menjelaskan sekarang ini semua personel itu sudah ditebar ke beberapa titik dan masih lakukan penelusuran mengevakuasi korban gempa.

“Kita persiapkan dapur umum di sejumlah titik terhitung lebih kurang 1.000 anggota yang sekarang ini kita meminta untuk turun menolong penyelamatan,” tutur Listyo selesai mengevaluasi korban gempa Cianjur di RSUD Sayang.

Listyo menjelaskan, faksinya sudah sediakan lokasi-lokasi evakuasi dengan membangun beberapa tenda yang bisa memuat beberapa korban yang terimbas gempa. Terhitung untuk memberi perawatan untuk korban yang alami beberapa luka.

See also  Pemkab Kediri Alirkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Menjaga Rumah Masyarakat
Listyo akui akan memerintah Kapolda Jawa barat Irjen Suntana untuk kerahkan personel untuk jaga rumah masyarakat yang ditinggal pemiliknya. Ini dilaksanakan untuk menahan ada tindak perampokan sepanjang beberapa tengah pindah.

“Kita sedang konsentrasi untuk kegiatan penyelamatan selanjutnya evakuasi dengan membangun beberapa posko tenda dan perawatan dan penelusuran,” ucapnya.

 

Check Also

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra Beberapa instansi survei nasional mengatakan kepopuleran capres (calon …