Anies Sebutkan Calon wakil presiden Akan Dipublikasikan di Menit Paling akhir, Ini Kriterianya

Anies Sebutkan Calon wakil presiden Akan Dipublikasikan di Menit Paling akhir, Ini Kriterianya

Calon Presiden (Capres) dari Partai NasDem, Anies Baswedan pada akhirnya memberi panduan kapan sosok Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang hendak menemaninya nantinya untuk terpasangkan dalam kontestasi Pilpres 2024.

Menurut dia, nama itu akan dipublikasikan saat menjelang beberapa menit akhir registrasi Pilpres 2024 kelak. Cara itu, merujuk pada rekam sejarah kontestasi politik yang aktif untuk tentukan pasangan.

“Jika saya saksikan masih panjang jika rekan-rekan lihat dalam pengalaman Pemilihan presiden semenjak tahun 2004 kan. Telah jalan 18 tahun ya, sepanjang masa itu selalu berbicara mengenai pasangan itu tidak ditetapkan 1,lima tahun saat sebelum benar kan,” kata Anies saat dijumpai di kawasan Jakarta Selatan.

Anies mengatakan argumennya akan umumkan nama calon wakil presiden di beberapa menit akhir. ia menjelaskan, ini karena untuk memetakkan koalisi dan menyaksikan kompetitor yang hendak ditemui dalam kontestasi Pemilihan presiden kelak.

“Selalu saat mendekati waktunya baru. Mengapa, karena di saat tersebut kita sudah mengetahui siapakah yang ada dalam koalisi,” ucapnya

“Ke-2 kita mengetahui siapa yang mempunyai potensi jadi pesaing dari sana selanjutnya bertemu gabungan pasangan yang akurat. Jadi saya pikir keadaan yang semacam itu,” lebih Anies.

Menerka Sosok Calon wakil presiden
Karena opsi itu, Anies juga masih malas untuk mengungkapkan siapa nama calon wakil presiden yang hendak menemaninya kelak. Terhitung saat disentil calon nama di luar tiga partai, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Panglima TNI Jenderal Andika Gagah.

“Disamping itu ada siapa kembali. (Ada banyak peluang opsi) Nach itu,” ucapnya.

Anies mengatakan dianya sekarang masih konsentrasi menguatkan proses pembangunan koalisi parpol sebagai ticket meluncur di pemilihan presiden kelak.

See also  Timnas U-20 Indonesia Akan Lalui 6 Pertandingan Uji Coba Sepanjang Latihan di Turki

“Jadi ya begini kita jalan mengucur, dan seperti saya berikan jika proses yang saat ini kita lalui ialah penyelesaian koalisi ini,” katanya.

“Lalu setelah itu, kelak dengan bertahap kita bahas berkenaan pasangan. Dan semua pilihan itu terbuka, pasti kelak akan diulas bersama,” tambahnya.

Baru jika tahapan itu telah usai, kata Anies, proses seterusnya penetapan sosok calon wakil presiden dengan persyaratan yang disepakati partai-partai koalisi nanti.

“Jadi saya pikir pada fase ini, itu fase kita saksikan semua pilihan. Selanjutnya kriterianya simpel kok, tolong pemenangan, tolong kebersamaan partai, support, dan efektifitas pemerintah. Sudah hanya itu,” jelasnya.

 

Check Also

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra

Kepopuleran Prabowo Subianto Turun, Ini Keterangan Gerindra Beberapa instansi survei nasional mengatakan kepopuleran capres (calon …